Selasa, 27 Januari 2015

GREEN BAY, SURGA TERSEMBUNYI DI BANYUWANGI

CATATAN PERJALANAN MENUJU GREEN BAY, TELUK HIJAU DI BANYUWANGI


Inilah The Hiden Paradise

        Berawal dari membaca artikel tentang spot-spot yang menarik di Banyuwangi yang wajib dikunjungi. Ternyata selain  Pantai Plengkung yang terkenal itu, Banyuwangi memiliki Teluk berair hijau yang sangat eksotis. Anehnya keberadaan Green Bay ini masih jarang di ekspose karena lokasinya tersembunyi dibelakang Pantai Batu.  

Segera tanya mbah google tentang alamat Green Bay di Banyuwangi

        Teluk hijau adalah obyek wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional, Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak 90 km dari Kota Banyuwangi. Dari kota Banyuwangi menuju ke arah Selatan, melewati Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, hingga tiba di simpang empat Desa Jajag lalu belok kanan. Sampai di Pantai Rajegwesi, perjalanan ke Teluk Ijo dilanjutkan dengan menyewa perahu.

Pantai Rajegwesi yang masih dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri

         Akhirnya kami sewa perahu untuk menyebrang ke Teluk Ijo, dengan membayar tiket Rp. 30.000,- per orang PP. Lama menyebrang sekitar 15menit. Dengan ombak pantai selatan Jawa yang terkenal sangat besar, harus punya cukup nyali. Karena dengan perahu kecil kami menyebrangi Laut Kidul dengan keganasan ombaknya dan cerita-cerita mistis yang mengiringinya. Dan dijamin sampai disana akan basah kuyup terguyur ombak.

Siap menyebrang ke Telk Ijo dan berbasah-basah ria


Inilah perahu yang membawa kami ke Teluk Ijo

Welcome Green Bay...

        Green Bay adalah teluk yang memiliki air laut berwarna hijau dan berpanorama indah serta berpasir lembut warna putih, uniknya disekitar lokasi terdapat air tawar terjun setinggi sekitar 8 meter. Jadi kalau selesai bermain air di laut bisa bilas dengan air terjun ini. 

Sepi, bersih, indah

Airnya jernih kehjauan

Pasirnya putih, lembut banget

Gradasi warna air dari biru, hijau, coklat

       Teluk Hijau ini sekilas mirip dengan Maya Bay, sebuah teluk yang sangat terkenal yang berlokasi di kepulauan Phi-phi, Krabi di Thailand. Teluk Hijau dikelilingi oleh tebing-tebing yang sangat tinggi. Kalau ada yang tidak ingin naik perahu, ke Teluk Hijau juga dapat dilakukan dengan jalan kaki atau trekking menyusuri tebing dan lembah selama kurang lebih 1 jam. Melewati Pantai Batu, Teluk Hijau ini berada di balik tebing itu.


Kalau Phuket punya Maya Bay, sedangkan kalau Banyuwangi punya Green Bay. 

Panas mulai terasa, tapi tetap betah duduk di pasir putih

Sambil melihat deburan ombak, yang semakin lama semakin menjorok ke pantai

Bergaya dalam pose apapun, tetap indah kalo di Green Bay

Perjalanan pulang dari Teluk Hijau

         Puas bermain air dan pasir di Teluk Hijau sambil mengabadikan moment yang ada, Pukul 3 sore kami sudah dijemput kembali oleh perahu ke Pantai Rajegwesi lagi. Banyak yang memilih jalan daripada naik perahu seperti ini. Alasannya karena takut ombaknya gede banget. Tapi syukur alhamdulillah, kami pulang pergi naik perahu dengan selamat.

Makasih ya pak, sudah mengantar kami melihat surga yang tersembunyi

Ayo siapa yang ingin ke Phuket, mending ke Teluk Hijau saja....murmer abis !!!
Ditanggung gak bakalan rugi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar