Kamis, 15 Januari 2015

KEINDAHAN NEGERI DIATAS AWAN, B29 dan B30 LUMAJANG

CATATAN PERJALANAN

Negeri diatas awan - B 29 Senduro, Lumajang

B 29 sebuah wisata yang namanya sedang naik daun di kalangan traveler Jawa Timur. Sebuah bukit yang tingginya mencapai 2900 mdpl. Konon ceritanya, bukit ini adalah bukit terlarang. Dari Bukit ini kita bisa lihat pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru dari sisi yang berbeda. Letak bukit ini tepatnya di Desa Argosari, kecamatan Senduro, Kab. Lumajang Jawa Timur. Dan nama kerennya adalah Negeri Diatas Awan.

Hari itu, Sabtu malming tepatnya tanggal 26 November 2014 pukul 03.00 dini hari, aku berangkat menuju Negeri Diatas Awan. Sengaja berangkat agak gelap, biar bisa menikmati pagi disana. Kebetulan cuaca gak hujan hari ini, semoga besok juga masih cerah.
Akhirnya dengan mobil xenia kami bersembilan dari kota Jember meluncur menuju desa Argosari, Senduro, Lumajang. Pukul 5 pagi kami mulai masuk di desa Argosari. Sesampai di Desa Argosari, jalanan kian terjal dan menanjak. Dan setelah sampai di pos pertama, kami sudah diserbu para tukang ojek yang siap mengantar ke puncak. Karena mobil memang cuma bisa sampai pos itu saja.

Sunrise waktu dijalan menuju B29, sungguh indah

Kami berhenti untuk berfoto-foto terlebih dahulu, melihat pemandangan yang begitu indah dan menawan. Terlihat gunung semeru yang berdiri gagah dibalut awan. Dari sisi kiri kejauhan terlihat gunung bromo dan gunung batok. Padahal kami belum sampai puncak B29, pemandangan sudah begitu indahnya.

Sambil melepas lelah dan berdiskusi antara naik ojek atau jalan kaki

Akhirnya kami memutuskan untuk naik ojek menuju puncak B29, disamping untuk menghemat waktu dan tenaga, kami juga takut kehabisan moment (ceritanya sih, siang dikit awannya kabur). Ojek kepuncak B29 mintanya 70ribu per org pp, kami tawar jadi 40ribu aja bener-bener gak mau tukang ojeknya. Jadi akhirnya kami setuju dengan harga 50ribu per org pp. Ternyata naik ojek lebih menyeramkan daripada jalan kaki. Ojeknya kenceng banget, belumlagi jalannya yang terjal dan berliku membuat kami tak malu-malu lagi berpegangan erat dengan tukang ojek. Jangan pernah lihat kebawah selama perjalanan, ngeri banget yang ada jurang...hehehe. Mending pas jalan kita nikmati pemandangan alam yang begitu indah. Perjalanan menuju puncak sekitar setengah jam an, dengan kecepatan normal bagi tukang ojek B29.

Ini yang dinamakan Negeri DiatasAwan, bener-bener ada awan dimana-mana

Kebetulan pagi ini cuaca berpihak pada kami. Pemandangan di puncak B29 sangat cerah sekali. Dan awan-awan lagi pada berdatangan. Sekali lagi penawaran tukang ojek untuk melihat puncak B30 yang kabarnya lebih bagus dari B29. Akhirnya dengan menambah uang jalan 30ribu lagi per org, kami naik lagi menuju puncak B30. Perjalanannya cuma sekitar 15 menit saja.

Akhirnya sampai di puncak B30

Memang ternyata lebih indah disini pemandangannya, kami bisa melihat gunung-gunung serasa lebih dekat. Gunung Semeru, Gunung Bromo, Gunung Batok diselimuti awan-awan begitu indahnya. Sungguh luar biasa karya-Mu, Ya Robb...
Tak henti-hentinya  aku berdecak kagum dengan suguhan alami yang menakjubkan ini.